Tuesday, November 26, 2013

Jurus Agar Tak Bokek Saat Tanggal Tua

Apakah Anda sering mengeluh karena uang di rekening sudah menipis di tanggal tua? Kami mengerti bahwa mengelola pendapatan memang tidak semudah membicarakannya. Alhasil belum sampai separuh bulan, gaji yang tersisa sudah menipis.
Jangan mengeluh dengan besaran gaji yang diterima. Karena, hal itu akan memengaruhi bagaimana kita mengelolanya. Kalau memang terasa tidak adil, sebaiknya kita cari saja pekerjaan yang lain. Syukuri saja berapa pun angka yang kita terima saat ini. Orang yang tak bisa bersyukur, biasanya tak akan bisa makmur. Selain itu, hitung berapa kebutuhan ke depan. Bukan cuma yang jangka pendek, tapi juga jangka panjang.
Dalam mengelola keuangan, jangan malas untuk menghitung kembali kebutuhan kita dalam beberapa bulan ke depan. Tapi, jangan lupa setidaknya sisihkan 20 persen untuk mulai menabung kebutuhan jangka panjang. Kalau tidak cukup, tulis berbagai prioritas yang harus kita penuhi di atas kertas. Bagaimanapun, biasanya hal yang kita inginkan pasti banyak. Kalau sudah begitu, memilih prioritas adalah kunci utamanya.
Berbagai rencana pengeluaran yang telah dibuat akan tetap percuma kalau tidak menjalankan hal-hal yang telah disusun. Kontrol diri selalu jadi kunci. Jangan lupa, bagaimanapun ini adalah uang yang telah kita hasilkan sendiri. Jadi, gunakan untuk memenuhi standar hidup kita sendiri. Tidak perlu tergiur orang lain yang berbelanja berbagai barang yang belum tentu kita butuhkan. (as/dari berbagai sumber)

No comments :

Post a Comment