Wednesday, November 26, 2014

Memutus Rantai Manajemen yang Terlalu Panjang

Dalam banyak perusahaan besar, eksekutif senior dikelilingi dengan para asisten, kepala staf, dan penasihat bisnis. Tujuan dari keberadaan para asisten ini ialah untuk memaksimalkan efektivitas penggunaan waktu sang pemimpin bisnis tetapi disengaja atau tidak terlalu banyak eksekutif yang hanya menerima berita dan opinis yang sudah disaring, direkayasa atau bahkan disensor untuk memberikan masukan yang hanya dikehendaki oleh petinggi senior.
Memutus rantai setan ini memang tidak mudah tetapi cobalah kiat berikut ini dan desaklah staf Anda melakukan hal yang sama kemudian lihatlah hasilnya.
1. Buatlah "posisi mendengar" atau adakan pertemuan-pertemuan dengan manajer dari berbagai bagian perusahaan untuk mendengarkan pandangan mereka secara apa adanya dan melibatkan mereka dalam sebuah dialog interaktif yang lebih spontan.
2. Adakan "pertemuan akbar" terbuka yang di dalamnya semua karyawan dari semua karyawan didorong untuk berbicara dengan jujur.
3. Adakan rapat lintaslevel atau turunlah ke lapangan sehingga Anda akan menemukan orang-orang baru yang memiliki bakat dan potensi besar tetapi belum pernah Anda temui secara langsung atau belum Anda ketahui keberadaan mereka.

No comments :

Post a Comment