Friday, January 10, 2014

3 Kiat Tidur di Tempat Kerja demi Produktivitas

Riset menunjukkan bahwa makin banyak waktu yang Anda habiskan untuk bekerja tanpa jeda, makin rendah tingkat kinerja Anda secara umum. Anda bisa meningkatkan produktivitas dengan lebih baik dengan tidur di kantor di saat senggang atau sehabis makan siang. Anggaplah tidur di tempat kerja Anda sebagai sesuatu kebiasaan yang meningkatkan produktivitas, bukan menghambatnya. 
Berikut adalah 3 kiat agar tidur siang Anda memberikan dampak positif bagi kinerja:
  1. Jadwalkan waktu tidur. Misalnya Anda bisa tentukan waktunya antara pukul 12.30 sampai pukul 13.00, atau jika Anda masih bisa mengatur waktunya, pilihlah waktu antara pukul 1 siang hingga 3 sore. Inilah waktu yang dianggap terbaik. Pasanglah alarm sebelum tidur agar tidak terlalu lama tertidur.
  2. Temukan tempat yang tenang dan terpisah dari jalan atau koridor sehingga Anda bisa benar-benar rileks, tidak terganggu lalu lalang orang. Di pintu ruangan itu jika perlu pasang tanda "Jangan ganggu!" Jika Anda bekerja dalam tempat-tempat yang terpisah, carilah ruang rapat yang sedang kosong, atau kedai kopi terdekat yang tenang atau malah perpustakaan.
  3. Matikan gadget. Matikan gadget yang Anda bawa kecuali alarm selama 20-30 menit (jangan terlalu lama tidur di siang hari karena justru membuat lesu). Pejamkan mata dan tenangkan pikiran dengan melupakan beban yang ada sementara waktu, pelan dan dalamkan nafas Anda. Bahkan jika Anda tidak benar-benar tertidur, relaksasi seperti ini akan memastikan Anda sedikit santai dan menjernihkan pikiran. (hbr/ap)

No comments :

Post a Comment