Wednesday, January 15, 2014

Penyaluran KUR Ditargetkan Sebesar Rp38 Triliun

Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (KUKM) menargetkan penyaluran kredit usaha rakyat (KUR) pada 2014 senilai Rp38 triliun, meningkat dibandingkan target tahun lalu sebesar Rp36 triliun.
"Tahun 2013 target penyaluran KUR ditetapkan pemerintah Rp36 triliun, tapi kita bisa capai Rp36,5 triliun, kalau untuk tahun 2014 kita targetkan Rp38 triliun," kata Menteri Koperasi dan UKM Syarif Hasan dalam jumpa pers di Jakarta, Rabu (15/1).
Syarif menuturkan, target penyaluran KUR tersebut akan mampu tercapai dengan catatan program baru yang digelar Kementerian KUKM berjalan dengan lancar.
"Dengan catatan melakukan diversifikasi kredit skim, yang tadinya hanya untuk modal kerja, sekarang juga bisa investasi. Dengan demikian semakin meningkatkan kesempatan kegiatan ekonomi melalui wirausaha," ujar Syarif.
 
Kementerian KUKM sendiri mencatat jumlah penyaluran KUR yang telah diluncurkan sejak 2007 hingga kini mencapai Rp137 triliun, dengan total penerima KUR sebanyak 10,4 juta orang.
Jumlah tersebut diharapkan akan terus meningkat dengan diimbangi adanya peningkatan target dan program diversifikasi kredit yang sudah dicanangkan Kementerian KUKM.
"Dengan semakin meningkatnya jumlah wirausaha akan membantu negara dalam mencatatkan angka minimal jumlah pengusaha untuk Indonesia, yaitu sebesar dua persen yang saat ini baru sekitar 1,65 persen dari total penduduk Indonesia," ujar Syarif. (ant/as)

No comments :

Post a Comment