Friday, December 6, 2013

Kunci Sukses Investasi dari Investor Individual Terbesar di Indonesia

Lebih dari 20 tahun bermain di pasar saham, salah satu investor individual terbesar di Indonesia, Lo Kheng Hong, mengungkapkan rahasianya terus mereguk untung di pasar saham. Menurutnya, rahasia sukses terbesarnya adalah membaca. Lo Kheng Hong juga dijuluki bapak investasi, dan dianggap seperti Warrent Buffett versi Indonesia.
"Rahasia sukses investor itu baca, baca lagi, dan berpikirlah. Waren Buffett saja mengaku menghabiskan enam jam sehari untuk membaca dan satu sampai dua jam waktunya untuk berpikir," ujar Lo Kheng Hong pada Seminar Investor Summit and Capital Market Expo 2013 di Hotel Ritz-Carlton, kemarin.
Lo Kheng Hong menuturkan, seorang investor wajib membaca koran keuangan setiap hari, karena dari koran ini mereka akan tahu bagaimana laporan keuangan terbaru. "Jadi tidak seperti membeli kucing dalam karung," katanya.
Dia melanjutkan, membaca laporan keuangan sangat berbeda dengan aktivitas menelusuri harga saham melalui software, seperti yang saat ini banyak digunakan para investor modern. "Coba, kalau memang softwarenya maju, ngapain dijual ke yang lain?" tutur dia.
Menurut dia, dengan berinvestasi dia bisa menikmati hidupnya tanpa harus terjebak kemacetan. "Kantor saya di rumah, di taman. Pagi di taman, siang di taman, dan sore di taman," kata dia.
Selain itu, dia menilai investasi di pasar saham untuk menanamkan modal pada perusahaan yang untungnya besar, sama seperti memiliki mesin pencetak uang. "Yang penting juga, setiap tahun cetaknya makin cepat, makin cepat lagi," tambahnya.
Lebih jauh dia mengungkapkan, para investor tidak boleh lelah untuk terus membaca, karena hal inilah yang akan mengantarnya pada kesuksesan. "Orang yang banyak baca, akan banyak tahu, orang banyak tahu akan pintar, orang pintar akan dekat dengan kekayaan," kata orang yang 100 persen uangnya ada di saham ini.

No comments :

Post a Comment