Tuesday, December 17, 2013

Tips Memulai Bisnis Travel Agent

Fasilitas teknologi informasi memungkinkan siapa pun untuk memulai menjalankan bisnis berbasis komunikasi online. Sekarang ini, membuka bisnis agen travel cukup mudah dan bisa dilakukan siapa saja, apalagi ditunjang dengan maraknya online digital.
Menurut Riswana Bachtiar, CEO Air Wisata Tours and Travel, di era digital ini membuka bisnis agen travel itu mudah. Modalnya adalah punya jaringan atau networking, senang menulis, dan rajing memposting tulisan ke blog. Dari sana, nanti bisa bergulir jadi sebuah bisnis.
Riswana yang juga tim pakar ticketing Asosiasi Perusahaan Penjual Tiket Penerbangan Indonesia, Astindo, ini menuturkan untuk memulai bisnis agen travel ini modalnya tidak perlu besar.
"Caranya dengan memanfaatkan akses Internet, telepon, komputer, dan printer. Ruangannya juga tak jadi masalah, walau kecil tetap bisa jalan," ujarnya dalam diskusi Forum Dialog Pariwisata yang diadakan bisniswisata.co bersama Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia, ASPPI, di Jakarta, Kamis 12 Desember 2013.
Dia menuturkan, dengan memanfaatkan akses internet dan telepon serta komputer, seseorang sudah bisa menghasilkan layanan tiket pesawat online semua maskapai penerbangan, online booking hotel di seluruh Indonesia, bahkan dunia.
"Anda juga bisa melakukan online booking penyewaan mobil dan shuttle transport layaknya travel agen besar," ungkapnya.
Menurut Riswana, trend e-travel kini telah menjadi salah satu pilihan bisnis yang sangat diminati oleh para pebisnis online.
"Selain menjanjikan margin keuntungan yang besar, e-travel juga dapat dikelola secara rumahan, atau profesional dengan proses keanggotaan yang mudah, dan modal awal berkisar Rp1,5 juta hingga Rp4,5 juta," kata Riswana. (kabar24.com/bn)

No comments :

Post a Comment