Tuesday, December 17, 2013

Untung Besar dari Usaha Penggemukan Sapi

Usaha penggemukkan sapi sangat menjanjikan karena tiap ekornya mampu memperoleh keuntungan pada kisaran Rp 5 juta hingga Rp 7 juta hanya dalam waktu 4 hingga 6 bulan.
Itu dengan asumsi kalau cuma satu ekor, bagaimana kalau satu peternak memiliki lima ekor sapi yang khusus untuk program penggemukkan, tentu keuntungannya akan pada kisaran Rp 25 juta hingga Rp 35 juta.
Keuntungan per ekor sapi yang mencapai Rp 5 hingga Rp 7 juta itu didapat dari harga beli sapi sekitar Rp 7 juta per ekor. Kemudian digemukkan sekitar 4-6 bulan, lalu harga jualnya akan berada pada kisaran Rp 12 hingga Rp 15 juta per ekor.
Dalam masa penggemukan atau pemeliharaan sapi secara intensif diberi pakan bernutrisi tinggi. Dengan demikian akan diperoleh kenaikan berat badan sapi sebesar 1,2 1,4 kg/hari, selama masa pemeliharaan hingga panen.
Program penggemukan sapi potong ini selain bertujuan untuk menghasilkan nilai tambah secara ekonomis serta untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan daging sapi yang berkualitas.
Dalam usaha penggemukan sapi potong, beberapa penyakit yang harus diwaspadai dan dicegah antara lain penyakit antraks, penyakit mulut dan kuku, serta suara. Ketiga penyakit tersebut dapat mematikan, oleh karenanya pencegahannya dengan cara vaksinasi terhadap sapi-sapi secara rutin. Sedangkan penyakit suara parasit penyebabnya lewat perantara gigitan, lalat ternak tabanus, caplak, kuku dan sebagainya.
Selain penyakit-penyakit di atas masih ada pula penyakit lain seperti busuk kuku, ngorok dan cacing giling serta cacing hati. (as/dari berbagai sumber)

No comments :

Post a Comment