Monday, September 16, 2013

Bandar Udara - Polonia Jadi Pangkalan TNI AU Soewondo

MEDAN– Seiring ditutupnya penerbangan sipil di Bandara Internasional Polonia, Medan karena dialihkan ke Bandara Kualanamu, Deliserdang, Sumatera Utara (Sumut) kemarin, kini bandara yang berada di pusat Kota Medan berada di bawah Komando Operasi TNI Angkatan Udara (AU).

Nama Bandara Polonia pun diubah menjadi Pangkalan Udara (Lanud) Soewondo. Di sela-sela prosesi perpindahan Bandara Polonia, Medan ke Bandara Kualanamu, yang digelar Kamis (25/7) dini hari, Panglima Komando Sektor (Pangkosek) Pertahanan Udara Nasional (Hanudnas) III Medan, Marsekal Pertama TNI Sungkono mengatakan, Soewondo merupakan nama pahlawan yang merupakan prajurit TNI AU.

Soewondo gugur setelah pesawatnya ditembak jatuh penjajah Belanda di Pematangsiantar. ”Untuk mengenang jasa pahlawan tersebut, kami memberikan nama Pangkalan Udara TNI AU sesuai dengan namanya,” paparnya. Sebagai salah satu lanud di Indonesia, Lanud Soewondo juga akan dilengkapi dengan pesawat-pesawat tempur dan jenis pesawat militer lainnya.

”Sebagai langkah awal, 29 Juli nanti akan ada pesawat militer yang masuk. Jenis pesawat yang bisa masuk ke lanud sesuai dengan kondisi bandara itu sendiri, seperti Boeing, pesawat tempur, dan sebagainya,” imbuh Sungkono. Untuk menyempurnakan Lanud Soewondo layaknya pangkalan militer, TNI AU juga akan melengkapinya dengan satu skuadron pesawat intai yang akan masuk tahun depan.

”Sampai saat ini, tidak ada kendala untuk memasukkan satu skuadron pesawat intai tersebut ke Lanud Soewondo. Semoga semuanya bisa berjalan sesuai dengan rencana,” paparnya. Soal sistem navigasi yang masih menggunakan peralatan lama yang digunakan penerbangan komersial Bandara Polonia, TNI AU akan mengintegrasikannya sesuai dengan kebutuhan lanud.

Meski akan melakukan perubahan di beberapa infrastruktur maupun peralatan, Sungkono tidak akan mengubah landasan pacu (runway) karena layak untuk digunakan pangkalan udara militer. ”Saya sudah tahu eks Bandara Polonia akan diubah menjadi apa, namun sepertinya tidak layak bila saya yang menjelaskan. Biarlah pihak yang berwenang yang menjelaskannya,” paparnya saat menghadiri prosesi perpindahan Bandara Polonia, Medan ke Bandara Kualanamu, Deliserdang, kemarin.

Berdasarkan pantauan KORAN SINDO , sejak Bandara Kualanamu beroperasi, papan nama Bandara Polonia pun langsung diubah menjadi Komando Operasi TNI AU Pangkalan TNI AU Soewondo. Sementara itu, sosialisasi dialihkannya operasional penerbangan sipil dari Bandara Polonia ke Bandara Kualanamu dinilai masih kurang optimal.

Masih ada ratusan calon penumpang pesawat datang ke Polonia pada hari pertama Bandara Kualanamu dioperasikan. Ratusan penumpang secara berangsur-angsur datang ke Bandara Polonia sejak pukul 05.00–08.00 WIB. Selain mengaku tidak mengetahui bahwa bandara sudah pindah ke Kualanamu, calon penumpang juga kebingungan naik angkutan apa ke Kualanamu

No comments :

Post a Comment