Monday, December 30, 2013

Mewariskan Kekayaan - Jangan sampai kekayaan jadi dana tak bertuan

Jangan sampai kekayaan jadi dana tak bertuan. Anda mungkin termasuk salah satu orang yang sudah melek investasi. Bisa jadi, saat ini Anda memiliki duit ratusan juta rupiah dari investasi reksadana. Anda juga mungkin tercatat sebagai pemegang beberapa polis unitlink. Plus, Anda juga punya segepok deposito dan tabungan di bank.

Tapi, apakah Anda pernah memberitahu suami atau istri Anda soal simpanan duit dan investasi Anda yang bejibun tadi? Atau, jangan-jangan hanya Anda sendiri yang tahu soal berbagai aset tersebut?

Asal tahu saja, banyak orang tidak memberitahu pasangan atau anggota keluarga saat membeli aset investasi. Ini bakal menjadi masalah kalau tiba-tiba si pemilik aset meninggal dunia. Lantaran tidak ada keluarga dan kerabat yang tahu soal investasinya tersebut, duit yang ditanamkan malah menjadi dana nganggur. Sayang sekali, bukan?

Hal seperti ini sering terjadi, lo. Mau bukti? Tengok saja data PT Jaminan Sosial Tenaga Kerja (Jamsostek). Sampai semester satu lalu, perusahaan pengelola dana hari tua ini menyimpan dana tak bertuan sebesar Rp 1,2 triliun.

Padahal, dana simpanan tersebut bisa digunakan untuk kebutuhan ahli waris atau keluarga yang masih hidup. Karena itu, sangat penting untuk memberitahu orang lain, khususnya keluarga dekat, di mana saja Anda menyimpan duit.
 
Siapa saja yang perlu diberitahu? “Kalau Anda berinvestasi, misalnya membeli reksadana atau unitlink, pastikan suami atau istri Anda tahu Anda mengambil produk tersebut,” kata Pandji Harsanto, perencana keuangan dari Fin-Ally Planning dan Consulting. Maklumlah, kalau seseorang meninggal tanpa wasiat, biasanya harta akan beralih ke pasangannya.

Selain pasangan, orang lain yang perlu diberitahu mengenai berbagai investasi yang kita miliki adalah orang yang ditunjuk sebagai ahli waris. Setiap kali membuka rekening reksadana atau membeli asuransi, biasanya nasabah akan diminta mengisi kolom ahli waris. Nah, Ahli waris yang ditunjuk perlu diberitahu bahwa dia akan menerima dana dari produk tertentu bila si nasabah meninggal.

Lisa Soemarto, perencana keuangan dari AFC Financial, menuturkan, pewaris seharusnya memberitahu ahli waris secara bertahap soal warisan atau investasi yang bakal diterima. “Keterbukaan akan investasi dan tabungan yang dimiliki pewaris ke ahli waris amat diperlukan,” kata dia.

Lakukan dokumentasi
Kalau orang tersebut sudah menyiapkan wasiat, maka notaris pembuat surat wasiat juga perlu diberitahu, terutama bila ada investasi baru.

Tentu saja, memberitahu kerabat soal produk-produk investasi yang dimiliki tidak cukup. Untuk memudahkan ahli waris atau kerabat mengurus investasi yang tersebut setelah yang bersangkutan meninggal dunia, si pemilik aset investasi sebaiknya memiliki dokumentasi yang rapi soal seluruh investasinya. 

Nah, agar keluarga atau ahli waris tidak kelabakan mengurus hasil investasi bila terjadi kematian mendadak, persiapkan langkah antisipatif berikut.

1) Buat data investasi yang dimiliki
Sebagai permulaan, buatlah daftar instrumen-instrumen investasi yang dimiliki, baik investasi likuid hingga nonlikuid. Lisa menuturkan, setiap keluarga perlu mengurutkan daftar kekayaan yang dimiliki, mulai dari tabungan masing-masing anggota keluarga, hingga aset, seperti properti. “Agar aset yang dimiliki tidak dilupakan,” terang dia.

Catat juga detail-detail pendukung yang penting. Misalnya, bila Anda memiliki unitlink dan reksadana, sertakan juga nama dan kontak agen asuransi dan reksadana yang biasa Anda hubungi.
 
2) Siapkan dokumen pendukung
Buatlah arsip dokumen-dokumen yang terkait dengan investasi yang dimiliki. Ada baiknya jika Anda memisahkan dokumen-dokumen untuk setiap aset. Jadi, dokumen reksadana diarsipkan terpisah dengan dokumen asuransi dan deposito.

Anda juga bisa mempersiapkan dokumen pendukung yang bakal dibutuhkan untuk klaim sejak awal. Ambil contoh untuk mengurus asuransi.

Bila pemegang polis meninggal, sebaiknya yang mengurus klaim adalah ahli waris. “Jika terjadi risiko meninggal dunia, yang berhak menerima manfaat santunan klaim adalah ahli waris yang ditunjuk sesuai dokumen polis,” kata Mohammad Irsyad, Direktur Tekhnik dan Aktuaria Asuransi AJB Bumiputera 1912

Selain polis dan kuitansi premi terakhir, biasanya perusahaan asuransi mewajibkan dokumen berupa fotokopi KTP pemegang polis dan KTP ahli waris, kartu keluarga, dan surat keterangan meninggal untuk mengurus klaim asuransi pemegang polis yang meninggal.

Nah, dari awal, pemegang polis bisa menyiapkan salinan KTP dan kartu keluarga. Dus, bila pemegang polis meninggal, ahli waris tinggal melengkapi dokumen yang kurang.

3) Minta bantuan pihak ketiga
Di mana sebaiknya dokumen-dokumen tersebut disimpan? Tentu saja, Anda bisa menyimpan dokumen tersebut di rumah Anda atau menitipkannya pada keluarga Anda. Keuntungannya, ahli waris atau keluarga menjadi lebih mudah mengakses dokumen-dokumen tersebut.

Tapi, Lisa menyarankan, sebaiknya dokumen-dokumen tersebut tidak hanya disimpan di rumah. Bisa dibuat salinannya dan dokumen yang asli disimpan di safe deposit box. Ini untuk menghindari risiko terjadi bencana yang membuat dokumen-dokumen tadi hilang, seperti kebakaran atau gempa bumi. “Jangan lupa, sertakan juga kunci untuk ahli waris yang menerima,” sebut dia.

Pilihan lainnya, Anda bisa melibatkan pihak ketiga, seperti notaris atau perencana keuangan. Tentu saja, Anda harus keluar biaya bila menitipkan dokumen di safe deposit box atau pihak ketiga.
Dengan persiapan tersebut, mudah-mudahan investasi kita bisa bermanfaat bagi keluarga, meski kita sudah tidak lagi ada di dunia ini.

Sunday, December 22, 2013

Alim Markus, Miliarder Indonesia yang Tak Lulus Bangku SMP

Sebagian besar ibu rumah tangga pasti pernah memakai produk Maspion. Namun, tak banyak yang tahu bahwa nama besar Maspion berawal dari pabrik lampu teplok yang dibesarkan protolan SMP di sebuah rumah petak 4 x4.

Maspion dan Alim Markus adalah dua nama yang tak terpisahkan. Orang kini mengenal Maspion sebagai salah satu kelompok usaha besar asal Jawa Timur, yang tak hanya berkutat di industri peralatan rumah tanga, namun juga menjamah perbankan, real estat, hingga properti. Sedangkan Alim Markus adalah nahkoda dibalik semua kisah sukses itu. Pria berperawakan sedang ini rela mengorbankan pendidikan dan masa kecilnya saat mulai berkiprah di dunia bisnis.

Alim Markus dilahirkan 57 tahun lalu, tepatnya 24 September 1951 di sebuah rumah petak seluas 44 meter persegi di Jalan Kapasan Gang II nomor 22. Karena minimnya ukuran rumah, Alim Markus yang kini memimpin grup usaha yang terdiri dari 53 perusahaan itu harus hidup uyel-uyelan dengan ayah, ibu, dan ketiga adiknya. Jika salah anggota keluarga buang air kecil, baunya langsung ke mana-mana, ujar Alim Markus.

Markus muda tak betah terus hidup susah. Sebagai anak tertua di keluarga, Markus bertekad merubah nasibnya dengan bekerja sekeras mungkin dan menjadi orang sukses. Saya nekat berhenti sekolah sebelum lulus SMP, saya ingin jadi pengusaha sukses dan kuat. Karena itu saya memilih serius membantu orang tua bekerja dari jam lima pagi sampai tujuh malam, tutur pengusaha yang hingga kini menjabat ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Jawa Timur itu.

Markus kemudian mengerahkan seluruh upayanya membesarkan usaha UD Logam Djawa yang didirikan ayahnya Alim Husin pada Oktober 1965, di daerah Pecindilan, Surabaya. UD Logam Djawa awalnya memproduksi lampu teplok. Alim Husin ketika itu sanggup memproduksi 300 lusin lampu teplok perhari.
Kisah Sukses Maspion
Saat Alim Markus terjun total membantu bisnis sang ayah, dia masih berumur belia, 15 tahun. Ketika anak seusianya memuaskan gairah anak muda, Alim Markus menjalani semua aktivitas buruh pabrik. Mulai dari ngepel lantai sampai menangani pekerjaan staf administrasi, staf keuangan, dan lain-lain. Markus juga sempat juga terlibat dalam pemasaran. Dengan sepeda pancal dia berkeliling menjajakan barang ke toko-toko di daerah Pabean dan Pasar Turi.

Setelah bekerja keras lima tahun lebih, keluarga Markus mulai memetik hasil dan mulai mancapai sukses. Minat masyarakat sekitar semakin bertambah, produk dari UD Logam Djawa makin laris. Akhirnya pada 1972 didirikan Maspion yang berarti Mengajak Anda Selalu Percaya Industri Olahan Nasional. Pada tahun itu juga, Markus memiliki mobil pertamanya yakni Holden. Markus juga memboyong keluarganya dari rumah petak ke rumah cukup besar di kawasan yang lebih elit yakni di Embong Tanjung No. 5, yang dia tinggali sampai sekarang. Perusahaan pun dipindah ke daerah Gedangan, Sidoarjo. Alim Husin, yang mulai yakin terhadap kemampuan anak-anaknya, secara perlahan mulai menarik diri dari panggung. Dan sebagai putra tertua, Alim Markus muda yang ditunjuk langsung sebagai presiden direktur, sedangkan Alim Husin sebagai Chairman. Saudara kandung lainnya Alim Mulia Sastra, Alim Satria, dan Alim Prakasa masing-masing didudukan sebagai direktur pengelola.

Kata kolega
Sederhana tetapi berkarakter sehingga banyak orang yang segan dan menjadikannya panutan.

Henry J. Gunawan, Presdir PT Surya Inti Permata Tbk

Alim tetap ulet bekerja keras dengan jujur walau dulu banyak pengusaha yang memakai dana BLBI.

Erlangga Satriagung, Ketua Kadin Jatim

BIODATA

Nama: Alim Markus

Lahir: Surabaya, 24 September 1951

Jabatan:Presiden Direktur Grup Maspion

Orangtua:Ayah Alim Husin, Ibu Angkasa Rachmawati

Istri: Sriyanti

Anak:Enam Orang

Saudara kandung:Alim Mulia Sastra, Alim Satria, dan Alim Prakasa

Pendidikan: Kelas 3 SMP tidak selesai

Anak perusahaan : 53

Bidang Usaha : produk kebutuhan rumah tangga, konstruksi, material, dan industri, property, gedung perkantoran dan mal, dan jasa keuangan

Karyawan : 30.000 orang. (bn/jawapos)

Saturday, December 21, 2013

Investasi ESDM Indonesia

Latar Belakang




Minyak dan Gas Bumi merupakan sumber daya alam yang sangat strategis bagi Indonesia, bukan hanya  sebagai pemasok kebutuhan bahan bakar dan bahan baku industri di dalam negeri, namun juga merupakan andalan sumber penerimaan dan devisa negara. Dengan semakin meningkatnya kebutuhan energi dan bahan baku industri diperlukan skenario pemenuhan energi yang optimal untuk mewujudkan keamanan pasokan energi dalam negeri (security of supply). Berdasarkan Perpres No. 05 Tahun 2006, target bauran energi tahun 2006 minyak bumi 51,66% dan gas bumi 28,57% dari total energy mix nasional. Komposisi tersebut pada tahun 2025 diharapkan minyak bumi menjadi kurang dari 20% dan gas bumi menjadi lebih dari 30%,
sehingga sumber energi alternatif dan potensial lainnya dapat meningkat peranannya. Terkait dengan kondisi di atas peluang investasi pengembangan industri migas di Indonesia, baik di bidang hulu maupun hilir di masa mendatang masih sangat menjanjikan. Secara geologi, Indonesia masih mempunyai potensi ketersediaan hidrokarbon yang cukup besar. Rencana pemerintah dalam mempertahankan produksi minyak bumi pada tingkat 1 juta barel per hari, tentu akan memberikan peluang investasi yang besar di sektor hulu migas. Di sektor hilir, untuk memenuhi kebutuhan bahan bakar dalam negeri, dibutuhkan investasi untuk pembangunan dan mengembangkan kilang migas, serta pembangunan beberapa infrastruktur lain seperti pembangunan tanki penyimpanan, pipa transmisi dan distribusi gas bumi serta moda transportasi lainnya. Seluruh potensi investasi di sektor hulu dan hilir migas, merupakan peluang bagi kegiatan usaha penunjang migas, baik untuk industri
maupun jasa penunjang migas.





“LCS” Tantangan Bersama ASEAN – China

Beijing ( Berita ) :  Wakil Tetap RI untuk ASEAN Ngurah Swajaya mengatakan persoalan di Laut China Selatan menjadi tantangan bersama ASEAN dan China untuk diselesaikan secara damai.
“Jadi persoalan di Laut China Selatan (LCS), bukan merupakan ganjalan bagi hubungan baik antara ASEAN dan China, namun tantangan bagi kedua pihak untuk dapat menyelesaikan dengan baik dan damai,” katanya, kepada Antara di Beijing, Rabu [18/12].
Ditemui serangkaian Hari Jadi ke-2 Pusat ASEAN-China, ia mengatakan berbagai kemajuan yang telah dicapai antara ASEAN dan China dalam upaya menyelesaikan persoalan di Laut China Selatan juga sebaiknya dihargai oleh semua pihak, tidak saja antara negara-negara ASEAN yang bermasalah dengan China di wilayah itu, namun semua negara yang berkepentingan dengan keamanan di wilayah perairan tersebut.
“Mekanisme Deklarasi Tata Perilaku atau DoC yang telah disepakati dan dijalani oleh negara-negara ASEAN dan China, merupakan kemajuan yang positif, terakhir ASEAN dan China sepakat untuk membahas lebih lanjut Kode Tata Perilaku atau CoC di Laut China Selatan pada tingkat kepala negara,” ungkap I Ngurah Swajaya.
Ia menambahkan,”meski belum dipastikan waktu pelaksanaan pembahasan CoC ditingkat kepala negara ASEAN dan China, namun kesepakatan itu merupakan kemajuan sangat positif dalam upaya mencari penyelesaian damai di Laut China Selatan. Dialog dan diplomasi memang memakan waktu lama, dan ini tantangan bagi ASEAN dan China untuk mengelola berbagai upaya itu agar tetap berjalan baik,”. Kode Tata Perilaku bertujuan menurunkan ketegangan yang tengah terjadi di wilayah itu.
China dengan kebijakan “Sembilan Garis Putus-putus”-nya, mengklaim 90 persen kawasan Laut China Selatan yang menjadi salah satu jalur transportasi laut terpenting dunia.
Klaim China itu bersinggungan dengan klaim Taiwan dan empat negara pantai di sekitar Laut China Selatan, yang juga anggota organisasi kawasan Asia Tenggara (ASEAN), yakni Brunei, Malaysia, Filipina, dan Vietnam.
China mendasari klaimnya di perairan itu dengan latar sejarah masa lalu. Jejak klaim China ditarik dari masa-masa Dinasti Tang (618-907 Masehi) dan Dinasti Song (960-1276 Masehi).
Untuk memperkuat klaim sejarahnya itu, China pun mulai membangun kapal laut yang berkemampuan meneliti dan mengambil benda-benda peninggalan sejarah masa lalu, yang ada di dasar laut. (ant )

Pergolakan Politik Di Thailand Prihatinkan Internasional

Bangkok (Berita ) :  Lima puluh negara mengeluarkan pernyataan untuk menyuarakan keprihatinan mereka atas pergolakan politik di Thailand, kata kepala Pusat Thailand untuk Administrasi Ketentraman dan Ketertiban Surapong Tohvichakchaikul pada Rabu.
India dan Sri Lanka adalah negara terbaru menyiarkan pernyataan mendukung Thailand, kata Surapong. Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa Bangsa Ban Ki-moon juga menyatakan dukungan itu, katanya menambahkan.
Negara-negara itu berharap semua pihak di Thailand segera  menyelesaikan krisis saat ini melalui pembicaraan, secara konstitusional dan demokratis, kata Surapong.
Ia memperingatkan para pengunjuk rasa anti-pemerintah dari resiko memburuknya situasi negara berikut tindakan yang bertentangan dengan demokrasi. Suthep Thaugsuban, pemimpin protes, pada Selasa malam mengumumkan unjuk rasa besar-besaran baru yang akan dipentaskan pada Minggu.
Suthep meminta rakyat Thailand untuk bergabung dengan protes dalam upaya memaksa Perdana Menteri sementara  Yingluck Shinawatra untuk  mundur. Yingluck pada Rabu mendesak pengunjuk rasa untuk tidak melanggar hukum ketika menggelar unjuk rasa di luar rumahnya pada Minggu. (ant/Xinhua/Oana )

China Komitmen Dorong Promosi Dagang Asean

Beijing ( Berita ) :  Sekretaris Jenderal Pusat ASEAN-China (ACC) Ma Mingqiang mengatakan China akan terus mendorong dan mendukung promosi dagang negara-negara ASEAN di China, sehingga kerja sama ekonomi kedua negara dapat tumbuh bersama dan saling menguntungkan kedua pihak.
“ACC memiliki komitmen untuk meningkatkan kerja sama ekonomi, dan sosial budaya antara China dan ASEAN yakni perdagangan, investasi, pariwisata, pendidikan dan kebudayaan,” katanya, serangkaian peresmian pusat produk perdagangan sepuluh negara ASEAN di Yiwu, Shanghai, Kamis [19/12].
Pusat promosi perdagangan negara ASEAN didirikan di Shangmao cheng, Distrik 5 Yiwu Shanghai merupakan area yang disediakan Pemerintah China, khusus bagi negara-negara ASEAN mempromosikan produknya tidak saja kepada pemangku kepentingan di China, tetapi juga sesama negara ASEAN dan negara sahabat ASEAN-China lainnya.
Setiap negara ASEAN memiliki kesempatan untuk membuka satu atau dua `toko di wilayah itu untk mempromosian seluruh beberapa produk unggulannya. “Hingga kini masih beberapa negara ASEAN saja yang memiliki `toko¿ di Yiwu,” kata Ma Mingqiang.
Dalam peresmian itu Indonesia diwakili “Made in Indonesia (MII-Yiwu)” dengan memamerkan lukisan Bali, lukisan dan patung Jawa, peralatan memasak yang terbuat dari tanah liat  koleksi wayang golek, mebel antik dari Jawa Tengah, serta koleksi kain batik.
   Ditampilkan pula Angklung Tra-DIGI satu Simfoni  dan Harmoni karya Bapak Kasim Ghozali pemilik MII.  Hadir pula perwakilan Kamar Dagang Indonesia untuk Tiongkok yang memamerkan  produk alam seperti  tambang setengah jadi berupa batu bara, sarang burung, kayu wangi (dupa), bubuk agar-agar dan masih banyak lagi.
   Wakil Tetap RI untuk ASEAN Ngurah Swajaya mengatakan ASEAN dan China memiliki potensi kerja sama yang masih dapat terus dikembangkan terutama di bidang investasi, perdagangan dan pariwisata.
   Namun, meski telah berjalan baik kerja sama ekonomi ASEAN dan China masih lebih banyak memberikan “surplus” bagi China. Sehingga diharapkan ke depan kerja sama investasi, perdagangan dan pariwisata antara kedua pihak dapat berjalan lebih imbang, katanya.
   Ketua Diaspora Indonesia unit Shanghai John Suharjo  mengatakan keberadaan Pusat Promosi Dagang ASEAN-China itu memberikan manfaat dan nilai tambah bagi Indonesia dalam mempromosikan produk unggulannya.
   Indonesia kaya akan sumber daya alam, kaya akan produk ramah lingkungan yang kompetitif, sedangkan China memiliki teknologi dalam pengemasan produk serta pasar yang besar, maka kerja sama serta kolaborasi kedua pihak akan  memberikan peluang positif bagi ASEAN-China khususnya Indonesia, katanya. (ant )

Thursday, December 19, 2013

Batu Juga Cocok untuk Interior

Batu dinilai sebagai simbol kekayaan dan kebahagiaan. Bahkan, ilmuwan telah membuktikan jika batu mampu menyerap energi tertentu dalam sebuah lingkungan.
Secara tradisional, batu biasanya digunakan untuk bagian eksterior rumah. Misalnya dinding depan, pagar, dan juga hiasan jendela.
sementara itu, biasanya, dalam interior batu digunakan untuk perapian. Hal itu berfungsi sebagai pengatur suhu, juga sebagai penampilan estetika.
Kini, batu tak hanya digunakan untuk hal-hal tertentu saja. Seperti dilansir Okezone, penggunaan batu dalam desain interior kian sering dilakukan lantaran berbagai kelebihan.
Batu bersifat menyerap kelembababan. Selain itu, batu juga mudah dibersihkan dan bebas jamur. Tak heran, kini produsen batu hias dianggap membantu kerja desain ienterior dalam mengaplikasikan ide yang dibuat.
Batu hias terdiri dari berbagai jenis selain marmer biasa, yaitu granit dan onyx, batu akik, amethyst , dan jasper. (as)

Pengaruh Duplicate Content pada Peringkat SEO Situs Bisnis Anda

Banyak pebisnis online yang dengan membabi buta menggunakan konten yang sama di berbagai situs bisnis miliknya dengan harapan agar pengunjung situsnya makin banyak dan makin digemari. Di samping itu, penggunaan konten yang sama juga menyederhanakan beban pekerjaan yang ada dalam mengelola situs. Namun, seperti apakah reaksi Google sebagai mesin pencari yang mendominasi dunia maya terhadap konten ganda ini? Dan bagaimana apa akibatnya pada peringkat situs bisnis kita jika ditinjau dari sudut pandang Search Engine Optimization (SEO)? Sebagaimana kita ketahui bersama, SEO ini menentukan peringkat situs kita di halaman hasil pencarian Google yang mempengaruhi tinggi rendahnya peluang sebuah situs ditemukan pengguna Internet. Makin tinggi peringkatnya dalam sebuah istilah pencarian tertentu, idealnya sebuah situs makin mudah ditemukan pengunjung, dan sebaliknya.
Menurut keterangan dalam laman Google Webmasters, perlu disadari bahwa sekitar 25-30% dari konten yang ada di dalamnya adalah konten yang sudah dimuat di laman web lainnya. Inilah yang disebut duplicate content. Sebetulnya duplicate content bukanlah hal yang aneh. Orang biasa mengutip kalimat dari situs lain yang disertai hyperlink ke situs yang dimaksud, atau menggunakan kalimat yang sama di halaman Frequently Asked Questions atau di Terms and Conditions. Jadi patut dipahami bahwa tidak semua duplicate content adalah spam. Jika kita menggunakan asumsi bahwa semua duplicate content adalah tindakan spam maka bisa jadi akan mempengaruhi secara negatif peringkat situs bisnis kita di halaman pencarian Google.
Faktanya adalah bahwa Google mencari duplicate content. Dan di mana kita bisa menemukannya? Google dan timnya bisa menemukannya dan mengelompokkannya bersama kemudian menjadikan seolah menjadi satu konten utuh. Jadi yang sering dilakukan ialah umpamanya Google meneliti halaman hasil pencarian dan menemukan halaman-halaman web yang identik, sama persis, maka alih-alih menunjukkan semua halaman web yang mirip itu di halaman hasil pencarian, Google akan menunjukkan satu halaman web saja dan menyingkirkan yang lain di halaman hasil pencarian berikutnya yang membutuhkan kesabaran lebih tinggi bagi pengguna Internet. Jika pengguna Google mengubah preferensi dengan memilih untuk memperlihatkan semua hasil pencarian yang identik sekalipun, baru akan ditampilkan duplicate content atau halaman-halaman web yang identik tersebut di hasil pencarian.
Namun, pada intinya duplicate content biasanya tidak diperlakukan sebagai spam tetapi konten yang dikelompokkan secara cermat agar bisa diurutkan peringkatnya dengan lebih akurat. Tetapi sekali lagi duplicate content sering terjadi.
Yang patut dicamkan ialah saat Anda menghasilkan duplicate content dengan tujuan kurang baik, yaitu untuk menipu atau memanipulasi pengunjung situs Anda demi naiknya peringkat, Google berhak untuk mengambil tindakan atas duplicate content yang tergolong spam karena termasuk mengganggu ini.
Misalnya saja Anda mau membuat sebuah blog dengan hanya menggunakan RSS auto (secara otomatis memuat konten dari situs lain secara utuh, tanpa modifikasi). Masalah akan muncul jika konten Anda hanya berasal dari RSS Feed, Anda tidak memberikan nilai tambah! Di sinilah, duplicate content dianggap sebagai sebuah tindakan spam. Tanpa memberikan nilai tambah bagi pengunjung situs Anda, duplicate content Anda akan dianggap spam oleh Google. (ap)

Wednesday, December 18, 2013

5 Bisnis Rumahan Yang Tak Perlu Modal Besar

Jika kita ingin sekali punya bisnis sendiri atau ingin meluangkan banyak waktu bersama keluarga, memulai bisnis rumahan mungkin menjadi solusi sempurna. Ada banyak pilihan ketika kita ingin memulai bisnis sendiri mulai dari menjual barang kerajinan sampai nge-blog. Berikut beberapa bisnis rumahan yang bisa kita bangun dan berjalan dalam waktu singkat, dikutip dari berbagai sumber:
Produksi kerajinan
Jika kita lihai membuat kerajinan seperti perhiasan, atau dekorasi rumah, kita bisa memulai bisnis kecil sendiri dengan menjual hasil kreasi kita secara online. Caranya, buatlah barang yang ingin kita jual kemudian foto barang tersebut dari berbagai posisi. Kemudian pajang foto pada website. Dengan begitu pembeli akan menemukan barang kreasi kita di website.Jika mereka berminat, mereka akan membeli dan kita dapat langsung mengirimkan barang tersebut ke pelanggan. Ini merupakan cara yang bagus untuk menempatkan kreativitas kita untuk bekerja sebagai bisnis kecil sendiri.
Blogger
Blogger yang sukses dapat memperoleh penghasilan yang besar melalui posting online artikel dan kolom rutin. Kita dapat mulai membuat blog sendiri melalui website seperti blogger.com, wordpress, atau tumblr.com. kemudian cari bidang keahlian atau topik yang kita sukai dan menulis tentang berita terbaru dan berbagi tips atau wawasan dan lainnya.
Setelah itu, daftar akun Pay-Per-Click dengan mengunjungi situs seperti Google Adsense yang menempatkan iklan di blog. Semakin banyak pengunjung ke situs, semakin banyak kesempatan untuk membuat uang ketika pengunjung mengklik salah satu iklan tersebut.
Pembukuan
Jika Anda baik dalam angka dan selalu membantu teman-teman selama musim pajak, gunakan keterampilan tersebut menjadi sebuah bisnis. Anda dapat menjual layanan baik untuk individu maupun bisnis kecil dari rumah. Anda hanya memerlukan software akuntansi dan sebuah komputer yang handal. Untuk menarik klien baru, Anda dapat mem-posting selembaran iklan dan mengirim surat bagi bisnis kecil lain di wilayah Anda.
Bimbingan belajar
Jika Anda suka mengajar, mulai bisnis rumahan Anda dengan membuat les siswa dalam bidang keahlian Anda. Anda bisa menjadi guru mereka di rumah mereka, rumah Anda atau di perpustakaan.
Hubungi kelompok masyarakat dan sekolah-sekolah lokal untuk mengetahui bagaimana Anda dapat bekerja dengan siswa dan menambah akademis tambahan. Anda juga dapat bergabung dengan jaringan secara online.
Penterjemah/translator
Jika Anda menguasai lebih dari satu bahasa dengan baik, menjadi penterjemah lepas merupakan pilihan yang baik. Banyak dokumen-dokumen perusahaan di luar sana yang perlu diterjemahkan oleh penutur bahasa yang fasih dan pribumi. untuk bisnis ini, Anda harus lulus tes kefasihan bahasa dan memiliki tata bahasa dan tanda baca yang baik. (bn/dari berbagai sumber)

Tuesday, December 17, 2013

Bisnis Sop Durian Butuh Modal Rp9 Juta, Balik Modal 4 Bulan

Saat ini banyak pelaku usaha yang menawarkan sajian sop durian. Salah satu pelakunya, Hasan Hananan, yang mendirikan usaha Sop Durian Abeta di Depok, Jawa Barat.
Hasan mengaku, usaha yang dirintis sejak Februari 2012 ini menawarkan sop durian yang hampir sama dengan produksi para kompetitornya. Yaitu, durian disajikan dengan dicampur es, roti, cincau hitam, dan aneka topping.
Ide membuka usaha ini pun muncul setelah saya melihat banyak peminat sop durian di gerai milik teman saya, ujarnya.
Meski pemain di bisnis ini sudah mulai banyak, namun, ia optimistis usahanya bisa berkembang. Supaya konsumen tidak cepat bosan, ia berupaya membuat varian rasa, yaitu sop durian original, sop durianmeises, serta sop durian komplit berisi ketan dan meises. Satu porsi dibanderol berkisar Rp 7.000 hingga Rp 10.000, tergantung jenis topping.
Supaya lebih cepat berkembang, setahun kemudian, Hasan membuka tawaran kemitraan. Kini, sudah ada tiga gerai Sop Durian Abeta yang berlokasi di Depok dan Jakarta Selatan. Rinciannya, dua gerai milik pusat, dan sisanya kepunyaan mitra.
Sekarang baru ada satu mitra di Tanjung Barat, Jakarta Selatan yang membuka gerai di dekat kampus IISIP Jakarta, paparnya.
Berminat menjadi mitra sop durian Abeta? Anda harus merogoh kantong untuk investasi. Nilainya Rp 9 juta. Dengan investasi tersebut, mitra akan mendapatkan booth, perlengkapan berjualan seperti termos, boks es, brosur, pelatihan pembuatan selama dua hari, seragam, dan bahan baku untuk di awal usaha.
Menurut Hasan, dalam sehari, satu gerai bisa menjual sekitar 40 porsi hingga 50 porsi sop durian. Berdasarkan hitungan itu, sebulan, mitra bisa mengantongi omzet berkisar Rp 8,4 juta.
Setelah dikurangi biaya sewa tempat Rp 500.000 sebulan, bayar gaji pegawai Rp 2 juta, dan pembelian bahan baku sekitar 1,4 juta, serta biaya operasional, maka mitra masih bisa mengantongi keuntungan bersih sebesar 40%. Jika, target itu tercapai, maka mitra bisa kembali modal dalam waktu empat bulan.
Pihak pusat tidak mengutip biaya royalti dari mitra. Namun, mitra wajib membeli bahan baku berupa durian, roti, dan cincau hitam dari pusat. Hingga akhir tahun ini, Hasan masih fokus menggaet mitra di wilayah Jakarta dan Bogor. Katanya, untuk kedua kawasan tersebut, tidak dikenakan biaya pengiriman booth. (bn/tribunnews.com)

Untung Besar dari Usaha Penggemukan Sapi

Usaha penggemukkan sapi sangat menjanjikan karena tiap ekornya mampu memperoleh keuntungan pada kisaran Rp 5 juta hingga Rp 7 juta hanya dalam waktu 4 hingga 6 bulan.
Itu dengan asumsi kalau cuma satu ekor, bagaimana kalau satu peternak memiliki lima ekor sapi yang khusus untuk program penggemukkan, tentu keuntungannya akan pada kisaran Rp 25 juta hingga Rp 35 juta.
Keuntungan per ekor sapi yang mencapai Rp 5 hingga Rp 7 juta itu didapat dari harga beli sapi sekitar Rp 7 juta per ekor. Kemudian digemukkan sekitar 4-6 bulan, lalu harga jualnya akan berada pada kisaran Rp 12 hingga Rp 15 juta per ekor.
Dalam masa penggemukan atau pemeliharaan sapi secara intensif diberi pakan bernutrisi tinggi. Dengan demikian akan diperoleh kenaikan berat badan sapi sebesar 1,2 1,4 kg/hari, selama masa pemeliharaan hingga panen.
Program penggemukan sapi potong ini selain bertujuan untuk menghasilkan nilai tambah secara ekonomis serta untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan daging sapi yang berkualitas.
Dalam usaha penggemukan sapi potong, beberapa penyakit yang harus diwaspadai dan dicegah antara lain penyakit antraks, penyakit mulut dan kuku, serta suara. Ketiga penyakit tersebut dapat mematikan, oleh karenanya pencegahannya dengan cara vaksinasi terhadap sapi-sapi secara rutin. Sedangkan penyakit suara parasit penyebabnya lewat perantara gigitan, lalat ternak tabanus, caplak, kuku dan sebagainya.
Selain penyakit-penyakit di atas masih ada pula penyakit lain seperti busuk kuku, ngorok dan cacing giling serta cacing hati. (as/dari berbagai sumber)

Ini Panduan Berbisnis Lobster Air Tawar

Seafood yang berasal dari olahan lobster menjadi begitu populer di kota-kota besar dan di daerah-daerah wisata sebagai salah satu sajian kuliner mewah yang bercita rasa tinggi. Meskipun satu porsi menu lobster dihargai hingga ratusan ribu rupiah, namun ternyata tak menyurutkan minat konsumen untuk menyantapnya. Bahkan banyak restaurant dan hotel yang merasa kekurangan mendapatkan pasokan lobster untuk bahan menu specialnya.
Tingginya permintaan lobster dari pengusaha-pengusaha rumah makan, baik dalam maupun luar negeri tidak sebanding dengan ketersediaannya di tempat-tempat pembudidayaan, sehingga para peternak lobster mempunyai daya tawar yang tinggi untuk menjual lobsternya. Berkaca pada hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa usaha budidaya lobster cukup menjanjikan. Bagaimanakah caranya membudidayakan lobster air darat di sekitar pekarangan rumah? Silahkan disimak informasi berikut!
1. Mengenal Lobster Air Tawar
Lobster merupakan hewan air yang termasuk ke dalam keluarga Nephropidae atau udang dengan ciri tubuh beruas-ruas dan adanya capit besar yang bergerigi tajam. Jenis-jenis lobster cukup bervariasi dengan ciri khasnya masing-masing. Jika ditinjau dari asal wilayahnya, jumlah jenis lobster ada lebih dari 40 varian, misalnya lobster Jepang (Methaneprops Japonicus), lobster American, lobster Papua dan sebagainya. Sementara jika dikelompokkan dalam habitatnya, maka lobster terdiri dari lobster air laut dan lobster air tawar. Lobster air tawar pun dapat dibagi menjadi beberapa jenis, diantaranya adalah Red Claw, Yabby, Red Swamp Crayfish, Black Tiger, Marron, dan masih banyak lagi. Secara sederhana, siklus hidup lobster terurut mulai dari telur, larva, lobster kecil, dan lobster dewasa. Dalam pertumbuhannya tersebut, lobster sering berganti kulit. Segala jenis lobster termasuk hewan kanibal, jadi harus pintar-pintar dalam menyeleksi dan menempatkan lobster sesuai dengan umur dan ukurannya.
2. Menyiapkan Media dan Peralatan yang Diperlukan
Untuk memulai usaha pembudidayaan udang lobster, media berupa kolam sangat diperlukan. Dalam skala rumahan, luas kolam lobster dapat dibuat berukuran 2mx3m dengan ketinggian/kedalaman 1,5-2 meter. Sebaiknya kolam dibuat permanen dengan lapisan semen agar tidak bocor. Namun jika dana kurang mencukupi, anda bisa menggunakan media terpal. Jumlah kolam yang dibuat minimal 2 petak untuk memisahkan anakan lobster dengan induknya. Jika media pemeliharaan (kolam) telah selesai dibuat, maka selanjutnya adalah mengisi bak kolam tersebut dengan air biasa. Hindari mengisi kolam dengan air secara penuh, karena dikhawatirkan lobster bisa kabur. Setelah kolam diisi air, maka tambahkan beberapa tumbuhan air seperti eceng gondok. Bila modal mencukupi pasang juga instalasi aerator (gelembung udara) yang berguna untuk suplay oksigen.  Setelah didiamkan selama 5-7 hari, maka pasangan-pasangan induk lobster (jantan-betina) siap dipindahkan ke dalam kolam untuk memulai kehidupan di habitatnya yang baru.
3. Melakukan Kegiatan Pemeliharaan
Beternak lobster sebenarnya tidak memerlukan perawatan yang rumit. Bahkan jumlah pakannya pun tidak terlalu menguras kantong. Anda bisa memberinya cacahan ubi, aneka sayuran, dan lainnya setiap pagi dan sore hari. Pergantian air biasanya dilakukan 2 minggu sekali. Jika pasokan makanannya kurang, Lobster dapat bersifat kanibal (pemakan sejenis), terutama species yang lebih muda atau sedang berganti kulit. Untuk menghindari hal tersebut, anda bisa memasukkan beberapa potongan pipa paralon dengan berbagai ukuran ke dalam kolam pemeliharaan. Ketika lobster yang lebih kecil diserang oleh lobster yang besar, maka ia dapat bersembunyi ke dalam pipa paralon yang sesuai ukuran tubuhnya.
4. Panen Lobster dan Cara Pemasaran
Panen lobster air tawar dapat dilakukan setelah berumur 7 bulanan. Untuk mengambil lobster yang telah siap panen (dikonsumsi) biasanya dilakukan pada sore hari. Dalam budidaya pembesaran lobster air tawar, teknik penangkapan dapat dilakukan dengan berbagai cara, di antaranya dengan cara manual, flow trapping, atau menggunakan perangkap tikus. Untuk memudahkan penangkapan, air kolam dikeluarkan hingga bersisa sedikit. Perihal pemasaran sebenarnya tidak terlalu sulit, mengingat lobster merupakan bahan kuliner yang sangat difavoritkan. Anda bisa menawarkan ke pengusaha-pengusaha restaurant, hotel, atau ke supermarket. Dengan harga jual yang lumayan, tentu usaha budidaya lobster air tawar menjadi salah satu alternatif usaha yang potensial menambah income keuangan anda. (bn/kerjausaha.com)

Meneropong Tawaran Waralaba Asal Korsel, BonChon Chicken

BonChon Chicken kehadirannya akan diperluas ke berbagai provinsi di Indonesia. PT. Michelindo Food International (MiFI), selaku master franchise dari BonChon Chicken lalu membuka kesempatan waralaba (franchise) untuk BonChon Chicken.
"Saat membeli franchise BonChon, saya memiliki impian untuk membuka gerai BonChon di berbagai kota besar di Indonesia. Pada dua tahun pertama, kami berkonsentrasi pada proses branding, menciptakan demand, dan membentuk business model yang menguntungkan," kata Michelle E. Surjaputra, President Director dari PT. Michelindo Food International.
Meningkatnya daya beli dan permintaan waralaba (franchise) dianggap sebuah jalan untuk memperbesar nama BonChon dan produk-produknya. Di sisi lain, hal ini juga merupakan investasi yang baik bagi para investor.
Setelah MiFI mengoperasikan 17 cabang, kini dicari calon pewaralaba. Mereka yang memiliki pengalaman dalam berbisnis, ketertarikan terhadap industri F&B (food and beverage), memiliki pemahaman terhadap pemasaran dan pengetahuan dan keterlibatan di dalam komunitas.
"MiFI mendapat banyak permintaan untuk franchise di Indonesia, khususnya untuk daerah Jakarta, Bandung, Surabaya, Semarang, Yogyakarta, Makassar, dan Medan. Sebelum kami membuka franchise, kami ingin membuat model bisnis yang efisien dan menguntungkan untuk kami dan para franchisee," ujar Michelle.
BonChon yang memiliki arti Original Village berasal dari Busan, Korea Selatan. BonChon memberikan konsep restaurant Fast Casual yang sehat, segar, dan unik di Indonesia.
Memiliki spesialisasi pada Ayam goreng Korea dengan dua rasa yaitu Original dan Spicy. Selain itu juga terdapat menu-menu andalan lainnya seperti, Salad, Sup, Es Krim Mochi, Burgers, dan masih banyak lagi.
Inti dari rasa yang dimiliki BonChon terletak pada Central Kitchen. Semua ayam dan bahan-bahan lainnya dipersiapkan secara detail seksama. Kualitas ayam yang diberikan juga harus sesuai dengan standar yang tinggi.
Setiap ayam yang dikeluarkan harus ditimbang, dibersihkan, dan dipersiapkan dengan baik sebelum dikirim ke setiap toko yang ada. Setelah itu baru akan dimasak dengan menggunakan bahan-bahan yang telah dipersiapkan dibawah pengawasan dan standar yang ada.
MiFI telah menerima lebih dari 200 aplikasi untuk waralaba pada beberapa bulan terakhir. Bagi calon franchisee dapat melihat informasi lebih jauh pada situs www.michelindo.com. Atau dapat langsung menghubungi Rosi di rosi@michelindo.com dan 0812-868-998-73. (as/pr)

Tips Memulai Bisnis Travel Agent

Fasilitas teknologi informasi memungkinkan siapa pun untuk memulai menjalankan bisnis berbasis komunikasi online. Sekarang ini, membuka bisnis agen travel cukup mudah dan bisa dilakukan siapa saja, apalagi ditunjang dengan maraknya online digital.
Menurut Riswana Bachtiar, CEO Air Wisata Tours and Travel, di era digital ini membuka bisnis agen travel itu mudah. Modalnya adalah punya jaringan atau networking, senang menulis, dan rajing memposting tulisan ke blog. Dari sana, nanti bisa bergulir jadi sebuah bisnis.
Riswana yang juga tim pakar ticketing Asosiasi Perusahaan Penjual Tiket Penerbangan Indonesia, Astindo, ini menuturkan untuk memulai bisnis agen travel ini modalnya tidak perlu besar.
"Caranya dengan memanfaatkan akses Internet, telepon, komputer, dan printer. Ruangannya juga tak jadi masalah, walau kecil tetap bisa jalan," ujarnya dalam diskusi Forum Dialog Pariwisata yang diadakan bisniswisata.co bersama Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia, ASPPI, di Jakarta, Kamis 12 Desember 2013.
Dia menuturkan, dengan memanfaatkan akses internet dan telepon serta komputer, seseorang sudah bisa menghasilkan layanan tiket pesawat online semua maskapai penerbangan, online booking hotel di seluruh Indonesia, bahkan dunia.
"Anda juga bisa melakukan online booking penyewaan mobil dan shuttle transport layaknya travel agen besar," ungkapnya.
Menurut Riswana, trend e-travel kini telah menjadi salah satu pilihan bisnis yang sangat diminati oleh para pebisnis online.
"Selain menjanjikan margin keuntungan yang besar, e-travel juga dapat dikelola secara rumahan, atau profesional dengan proses keanggotaan yang mudah, dan modal awal berkisar Rp1,5 juta hingga Rp4,5 juta," kata Riswana. (kabar24.com/bn)

Friday, December 13, 2013

Hubungan Kepemimpinan dengan Kepuasan Kerja Karyawan



Mengingat perusahaan merupakan organisasi bisnis yang terdiri atas orang-orang, maka pimpinan seharusnya dapat menyelaraskan antara kebutuhan-kebutuhan individu dengan kebutuhan organisasi yang dilandasi oleh hubungan manusiawi. Sejalan dengan itu diharapkan seorang pimpinan mampu memotivasi dan menciptakan kondisi sosial yang menguntungkan setiap karyawan sehingga tercapainya kepuasan kerja karyawan yang berimplikasi pada meningkatnya produktivitas kerja karyawan (Robbins, 2002 : 181).

Mengingat perusahaan merupakan organisasi bisnis yang terdiri atas orang-orang, maka pimpinan seharusnya dapat menyelaraskan antara kebutuhan-kebutuhan individu dengan kebutuhan organisasi yang dilandasi oleh hubungan manusiawi. Sejalan dengan itu diharapkan seorang pimpinan mampu memotivasi dan menciptakan kondisi sosial yang menguntungkan setiap karyawan sehingga tercapainya kepuasan kerja karyawan yang berimplikasi pada meningkatnya produktivitas kerja karyawan (Robbins, 2002 : 181).
Perilaku atasan juga merupakan determinan utama dari kepuasan. Umumnya kepuasan dapat ditingkatkan, bila atasan bersifat ramah dan memahami, menawarkan pujian untuk kinerja yang baik, mendengarkan pendapat karyawan, dan menunjukkan suatu minat pribadi pada mereka (Robbins, 2002 : 181).
Partisipasi dalam pengambilan keputusan kepemimpinan khususnya pada kepemimpinan demokratis akan mempunyai dampak pada peningkatan hubungan manajer dengan bawahan, menaikkan moral dan kepuasan kerja serta menurunkan ketergantungan terhadap pemimpin (Supardi, dkk, 2002 : 76).
Dengan demikian dapat dikatakan kepemimpinan sangat erat hubungannya dengan kepuasan kerja karyawan. Kepemimpinan yang memperoleh respon positif dari karyawan cenderung akan meningkatkan kepuasan kerja karyawan, demikian bila terjadi sebaliknya.

Hubungan Kepemimpinan dengan Kepuasan Kerja Karyawan




Mengingat perusahaan merupakan organisasi bisnis yang terdiri atas orang-orang, maka pimpinan seharusnya dapat menyelaraskan antara kebutuhan-kebutuhan individu dengan kebutuhan organisasi yang dilandasi oleh hubungan manusiawi. Sejalan dengan itu diharapkan seorang pimpinan mampu memotivasi dan menciptakan kondisi sosial yang menguntungkan setiap karyawan sehingga tercapainya kepuasan kerja karyawan yang berimplikasi pada meningkatnya produktivitas kerja karyawan (Robbins, 2002 : 181).

Mengingat perusahaan merupakan organisasi bisnis yang terdiri atas orang-orang, maka pimpinan seharusnya dapat menyelaraskan antara kebutuhan-kebutuhan individu dengan kebutuhan organisasi yang dilandasi oleh hubungan manusiawi. Sejalan dengan itu diharapkan seorang pimpinan mampu memotivasi dan menciptakan kondisi sosial yang menguntungkan setiap karyawan sehingga tercapainya kepuasan kerja karyawan yang berimplikasi pada meningkatnya produktivitas kerja karyawan (Robbins, 2002 : 181).
Perilaku atasan juga merupakan determinan utama dari kepuasan. Umumnya kepuasan dapat ditingkatkan, bila atasan bersifat ramah dan memahami, menawarkan pujian untuk kinerja yang baik, mendengarkan pendapat karyawan, dan menunjukkan suatu minat pribadi pada mereka (Robbins, 2002 : 181).
Partisipasi dalam pengambilan keputusan kepemimpinan khususnya pada kepemimpinan demokratis akan mempunyai dampak pada peningkatan hubungan manajer dengan bawahan, menaikkan moral dan kepuasan kerja serta menurunkan ketergantungan terhadap pemimpin (Supardi, dkk, 2002 : 76).
Dengan demikian dapat dikatakan kepemimpinan sangat erat hubungannya dengan kepuasan kerja karyawan. Kepemimpinan yang memperoleh respon positif dari karyawan cenderung akan meningkatkan kepuasan kerja karyawan, demikian bila terjadi sebaliknya.

Karakteristik Pekerjaan dan Kepuasan Kerja (Suatu Pendahuluan)

Sukses tidaknya suatu organisasi sangat tergantung dari kualitas sumber daya manusia yang dimiliki karena sumber daya manusia yang berkualitas adalah sumber daya manusia yang mampu berprestasi maksimal. Kepuasan kerja mempunyai peranan penting terhadap prestasi kerja karyawan, ketika seorang karyawan merasakan kepuasan dalam bekerja maka seorang karyawan akan berupaya semaksimal mungkin dengan segenap kemampuan yang dimiliki untuk menyelesaikan tugasnya, yang akhirnya akan menghasilkan kinerja dan pencapaian yang baik bagi perusahaan.

Kepuasan kerja mempunyai pengaruh yang cukup besar terhadap produktivitas organisasi baik secara langsung maupun tidak langsung. Ketidakpuasan merupakan titik awal dari masalah-masalah yang muncul dalam organisasi seperti kemangkiran, konflik manager-pekerja dan perputaran karyawan. Dari sisi pekerja, ketidakpuasan dapat menyebabkan menurunnya motivasi, menurunnya moril kerja, dan menurunnya tampilan kerja baik secara kualitatif maupun secara kuantitatif.
Kepuasan dapat dirumuskan sebagai respon umum pekerja berupa perilaku yang ditampilkan oleh karyawan sebagai hasil persepsi mengenai hal-hal yang berkaitan dengan pekerjaannya. Seorang pekerja yang masuk dan bergabung dalam suatu organisasi mempunyai seperangkat keinginan, kebutuhan, hasrat dan pengalaman masa lalu yang menyatu dan membentuk suatu harapan yang diharapkan dapat dipenuhi di tempatnya bekerja. Kepuasan kerja ini akan didapat apabila ada kesesuaian antara harapan pekerja dan kenyataan yang didapatkan ditempat bekerja. Persepsi pekerja mengenai hal-hal yang berkaitan dengan pekerjaannya dan kepuasan kerja melibatkan rasa aman, rasa adil, rasa menikmati, rasa bergairah, status dan kebanggaan. Dalam persepsi ini juga dilibatkan situasi kerja pekerja yang bersangkutan yang meliputi interaksi kerja, kondisi kerja, pengakuan, hubungan dengan atasan, dan kesempatan promosi. Selain itu di dalam persepsi ini juga tercakup kesesuaian antara kemampuan dan keinginan pekerja dengan kondisi organisasi tempat bekerja yang meliputi jenis pekerjaan, minat, bakat, penghasilan dan insentif.
Menurut Locke dalam Munandar (2001:350) tenaga kerja yang puas dengan pekerjaannya merasa senang dengan pekerjaannya. Keyakinan bahwa karyawan yang terpuaskan akan lebih produktif daripada karyawan yang tak terpuaskan merupakan suatu ajaran dasar diantara para manajer selama bertahun-tahun (Robbins, 2001:26).
Menurut Strauss dan Sayles dalam Handoko (2001:196) kepuasan kerja juga penting untuk aktualisasi, karyawan yang tidak memperoleh kepuasan kerja tidak akan pernah mencapai kematangan psikologis, dan pada gilirannya akan menjadi frustasi. Karyawan yang seperti ini akan sering melamun, mempunyai semangat kerja yang rendah, cepat lelah dan bosan, emosi tidak stabil, sering absen dan melakukan kesibukan yang tidak ada hubungannya dengan pekerjaan yang harus dilakukan. Sedangkan karyawan yang mendapatkan kepuasan kerja biasanya mempunyai catatan kehadiran dan perputaran kerja yang lebih baik, kurang aktif dalam kegiatan serikat karyawan, dan kadang-kadang berprestasi bekerja lebih baik daripada karyawan yang tidak memperoleh kepuasan kerja. Oleh karena itu kepuasan kerja mempunyai arti penting baik bagi karyawan maupun perusahaan, terutama karena menciptakan keadaan positif di dalam lingkungan kerja perusahaan.
Kepuasan kerja merupakan hasil keseluruhan dari derajat rasa suka atau tidak sukanya tenaga kerja terhadap berbagai aspek dari pekerjaannya. Dengan kata lain kepuasan mencerminkan sikap tenaga kerja terhadap pekerjaannya. Kepuasan kerja dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu karakteristik pekerjaan, gaji, penyeliaan, rekan-rekan sejawat yang menunjang dan kondisi kerja yang menunjang. (Munandar, 2001:357).
Peningkatan kepuasan kerja karyawan pada suatu organisasi tidak bisa dilepaskan dari peranan pemimpin dalam organisasi tersebut, kepemimpinan merupakan kunci utama dalam manajemen yang memainkan peran penting dan strategis dalam kelangsungan hidup suatu perusahaan, pemimpin merupakan pencetus tujuan, merencanakan, mengorganisasikan, menggerakkan dan mengendalikan seluruh sumber daya yang dimiliki sehingga tujuan perusahaan dapat tercapai secara efektif dan efisien. Kepemimpinan manajerial dapat didefinisikan sebagai suatu proses pengarahan dan pemberian pengaruh pada kegiatan-kegiatan dari sekelompok anggota yang saling berhubungan tugasnya (Handoko, 2001 : 291). Oleh sebab itu pemimpin suatu organisasi perusahaan dituntut untuk selalu mampu menciptakan kondisi yang mampu memuaskan karyawan dalam bekerja sehingga diperoleh karyawan yang tidak hanya mampu bekerja akan tetapi juga bersedia bekerja kearah pencapaian tujuan perusahaan. Mengingat perusahaan merupakan organisasi bisnis yang terdiri dari orang-orang, maka pimpinan seharusnya dapat menyelaraskan antara kebutuhan-kebutuhan individu dengan kebutuhan organisasi yang dilandasi oleh hubungan manusiawi (Robbins, 2001:18). Sejalan dengan itu diharapkan seorang pimpinan mampu memotivasi dan menciptakan kondisi sosial yang menguntungkan setiap karyawan sehingga tercapai kepuasan kerja karyawan yang berimplikasi pada meningkatnya produktivitas kerja karyawan.
Karakteristik pekerjaan merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi kepuasan kerja karyawan, model karakteristik pekerjaan (job characteristics models) dari Hackman dan Oldham (1980) adalah suatu pendekatan terhadap pemerkayaan jabatan (job enrichment) yang dispesifikasikan kedalam 5 dimensi karakteristik inti yaitu keragaman ketrampilan (skill variety), Jati diri dari tugas (task identity), signifikansi tugas (task significance), otonomi (autonomy) dan umpan balik (feed back). Setiap dimensi inti dari pekerjaan mencakup aspek besar materi pekerjaan yang dapat mempengaruhi kepuasan kerja seseorang, semakin besarnya keragaman aktivitas pekerjaan yang dilakukan maka seseorang akan merasa pekerjaannya semakin berarti. Apabila seseorang melakukan pekerjaan yang sama, sederhana, dan berulang-ulang maka akan menyebabkan rasa kejenuhan atau kebosanan. Dengan memberi kebebasan pada karyawan dalam menangani tugas-tugasnya akan membuat seorang karyawan mampu menunjukkan inisiatif dan upaya mereka sendiri dalam menyelesaikan pekerjaan, dengan demikian desain kerja yang berbasis ekonomi ini merupakan fungsi dan faktor pribadi. Kelima karakteristik kerja ini akan mempengaruhi tiga keadaan psikologis yang penting bagi karyawan, yaitu mengalami makna kerja, memikul tanggung jawab akan hasil kerja, dan pengetahuan akan hasil kerja. Akhirnya, ketiga kondisi psikologis ini akan mempengaruhi motivasi kerja secara internal, kualitas kinerja, kepuasan kerja dan ketidakhadiran dan perputaran karyawan.
Karakteristik pekerjaan seorang karyawan jelas terlihat desain pekerjaan seorang karyawan. Desain pekerjaan menentukan bagaimana pekerjaan dilakukan oleh karena itu sangat mempengaruhi perasaan karyawan terhadap sebuah pekerjaan, seberapa pengambilan keputusan yang dibuat oleh karyawan kepada pekerjaannya, dan seberapa banyak tugas yang harus dirampungkan oleh karyawan.
Rendahnya kepuasan kerja dapat menimbulkan berbagai dampak negatif seperti mangkir kerja, mogok kerja, kerja lamban, pindah kerja dan kerusakan yang disengaja. Karyawan yang tingkat kepuasannya tinggi akan rendah tingkat kemangkirannya dan demikian sebaliknya, organisasi-organisasi dengan karyawan yang lebih terpuaskan cenderung lebih efektif dari pada organisai-organisasi dengan karyawan yang tak terpuaskan sehingga dapat meningkatkan produktivitas organisasi dan salah satu penyebab timbulnya keinginan pindah kerja adalah kepuasan pada tempat kerja sekarang. (Robbins 2001).

Kenapa Banyak Orang Kaya Indonesia Tak Paham Pasar Modal?

Masalah pemahaman menjadi salah satu faktor utama kurang pesatnya pelaku pasar modal domestik. Alhasil, potensi keuntungan di pasar modal Indonesia banyak yang dinikmati pemodal asing.
"Banyak orang kaya di Indonesia yang tidak paham dengan pasar modal. Masalahnya hanya satu, ada di pengetahuan," ujar Sujadi Darmotinojo, Direktur PT Danareksa Sekuritas, di sela-sela kegiatan Danareksa Conference, Senin (9/9/2013).
Menurutnya, ada mereka yang memiliki uang banyak, tetapi tidak tertarik investasi di pasar modal karena minimnya pengetahuan. Terlebih lagi, budaya menabung atau investasi hanya terpatron pada pola tradisional, yakni dalam bentuk deposito, emas, dan properti.
Namun, minimnya pengetahuan pasar modal itu lagi-lagi dikarenakan masalah edukasi. Terbilang normatif memang, tetapi nyatanya cara itu merupakan cara yang paling ampuh untuk menarik calon investor baru ke pasar modal, apalagi jika pasar modal sedang berfluktuasi seperti saat ini.
Tanpa edukasi, maka hasilnya juga sudah bisa dilihat. Saat ini, sekitar 57 persen aliran modal masih berasal dari investor asing. Oleh karenanya, jika ada sentimen dari luar negeri, maka pasar modal Indonesia ikut merasakan dampaknya.
Sujadi berharap, pasar modal Indonesia nantinya tak hanya didominasi pihak asing. Maka dari itulah, Danareksa ikut nimbrung melakukan sosialisasi agar ada calon-calon investor baru yang mau berinvestasi di pasar saham. "Kekayaan di wilayah itu banyak, tapi belum dimanfaatkan untuk investasi," kata Sujadi. (Dityasa H Forddanta)
Sumber : KONTAN

Saturday, December 7, 2013

4 Tips Tingkatkan Peforma Layanan Pelanggan

Layanan pelanggan merupakan satu bagian yang tidak dapat dipisahkan dari bisnis Anda. Dengan meningkatkan peforma layanan pelanggan Anda, dapat dipastikan bisnis berjalan pada jalur yang telah ditentukan.

Dalam bisnis, kepuasan pelanggan merupakan kekuatan di samping pemasaran. Untuk meningkatkan peforma layanan pelanggan, Anda dapat memenerapkan tips-tips yang kami sadur dari ehow.com berikut ini:

1. Pekerjakan orang yang senang berhubungan dengan orang lain

Beberapa orang merasa nyaman bekerja berhubungan dengan mesin dan komputer, sementara beberapa orang lain merasa lebih nyaman bekerja jika berhubungan dengan orang lain. Pastikan Anda mempekerjakan orang yang sesuai. Orang yang gemar berhubungan dengan orang lain cenderung lebih bisa berlaku ramah dan mempunyai empati untuk orang lain.

2. Adakah pelatihan yang teratur

Program pelatihan layanan pelanggan adalah hal yang penting. Program ini seringkali berupa "aturan main" yang berisi beberapa skenario yang mencerminkan situasi sesungguhnya di lapangan. Pelatihan seperti ini mampu untuk mendorong perilaku yang lebih peduli kepada pelanggan.

3. Berikan wewenang

Berikan wewenang yang cukup untuk semua karyawan yang bekerja di divisi layanan pelanggan untuk mengambil keputusan tertentu, tanpa harus melibatkan manajemen yang lebih tinggi. Panduan layanan pelanggan yang jelas dan rinci diperlukan dalam hal ini. Ketika karyawan mampu mengambil keputusan dengan cepat dan baik, pelanggan pun akan terlayani dengan lebih baik dan cepat.

4. Beri ruang kepada pelanggan untuk memberikan masukan

Anda bisa mengadakan survei dengan tujuan mengumpulkan opini dan saran pelanggan. Para pelanggan Anda biasanya akan senang memberikan saran-sarannya.

Strategi Merebut Hati Konsumen

"Waktu telah membuktikan, mereka yang menjadikan konsumen adalah raja, berhasil mengambil hati konsumennya, menetapkan harga lebih tinggi tetapi tetap dibeli, dan bertahan lebih lama dalam bisnisnya." Begitu tulisan yang dibacakan oleh Cyltamia Irawan saat sebuah presentasi bertajukStrategi Jadikan Konsumen Raja, beberapa waktu lalu di Hotel Four Seasons, Jakarta.

Menurut CEO Lentera Consulting ini, esensi sebuah bisnis, apa pun bisnisnya, adalah menciptakan konsumen, menjaga konsumen, dan menciptakan lebih banyak konsumen. Karenanya, untuk bisa mengambil hati konsumen, butuh sebuah daya. Mencurahkan segenap pikiran dan sumber daya yang ada untuk selalu memberikan "value" bagi pelanggan.

Dijelaskan oleh Tami, begitu ia akrab disapa, ada 8 hal yang dinilai oleh konsumen sebagai "value", di antaranya
Akses
Kemudahan konsumen untuk berhubungan dengan perusahaan yang dimaksud harus mudah dan tidak bertele-tele. Tami mencontohkan pelayanan perusahaan DHL yang mengganti mesin penjawab otomatisnya dengan operator yang menjawab langsung kebutuhan para konsumennya. Konsumen harus diberikan akses mudah untuk mendapat informasi dan menghubungi perusahaan. Caranya, bisa lewat karyawannya,call centre,kantor perusahaan,website, cara pembayaran, dan informasi-informasi lain.

Kompetensi
Di mata pelanggan, kemampuan dan pengetahuan karyawan akan memengaruhi layanan yang akan ia dapatkan. Ketika karyawan tidak dapat menjawab atau memberikan informasi yang ia butuhkan saat bertanya kepada karyawan, konsumen akan berpikiran bahwa pelayanannya tak akan memuaskan karena si karyawan tidak kompeten. Karyawan baru perlu masa orientasi sebagai pembekalan pengetahuan tentang produk atau jasa, adaptasi lingkungan kerja, pembelajaran, sekaligus empowerment dirinya.

Courtesy
Keramahtamahan dan kemampuan berkomunikasi para penyedia layanan menjadi hal yang penting bagi konsumen. Konsumen adalah manusia yang memiliki perasaan, yang sering menjadi penentu saat mengambil keputusan dan melakukan penilaian.

Reliability
Bisa diandalkan di segala kesempatan juga akan menjadi penilaian seorang pelanggan terhadap sebuah jasa. Karenanya, amat penting untuk sebuah perusahaan bisa memberikan harapan dan spesifikasi yang telah dijanjikan. Kualitas produk, ketersediaan produk, kehandalan karyawan di jajaran depan, support teknis, dan bagian lainnya adalah hal-hal yang akan menjadi bahan penilaian pelanggan terhadap kehandalan perusahaan.

Responsiveness
Pelanggan butuh kenyamanan dan jaminan bahwa perusahaan Anda bisa merespon ketika terjadi masalah pada pelayanan.

Speed
Saat ini persaingan bisnis makin tinggi, kecepatan menjadi sebuah hal yang mewah. Pelanggan akan memilih pelayanan prima yang bisa dihantar dengan kecepatan tinggi pula. Kecepatan informasi, penanganan masalah yang cepat, proses kerja tak bertele-tele, proses pembayaran yang ringkas, dan lainnya harus diperhatikan.

Security
Keamanan tak hanya berupa benda tapi juga keamanan akan data dan informasi pelanggan yang terdapat di dalam perusahaan sering menjadi ukuran keamanan menggunakan sebuah perusahaan. Pastikan rasa aman saat menggunakan produk, juga atas layanan, dan hal lainnya dalam pelaksanaan servis terus terjaga.

Tangible
Tampilan kasat mata pun akan menjadi penting untuk pelanggan. Tampilan produk, bentuk, dan suasana kantor, loket pembayaran, penampilan karyawan, tampilan media dan promosi, surat menyurat, dan hal-hal yang akan memanjakan indera pelanggan harus diperhatikan keindahannya.

Menangkan hati pelanggan, dengan begitu Anda akan menciptakan pelanggan. Berikan servis yang terbaik, dan Anda akan menciptakan pelanggan yang loyal. Dengan begitu, ia akan memberitakan tentang perusahaan Anda kepada orang lain, yang pada akhirnya menciptakan pelanggan baru yang lebih banyak.

Friday, December 6, 2013

Gianni O'Connor: Sukses Berkat Ilham Bisnis Saat Ujian

Seorang pengusaha muda asal Inggris yang siap untuk menjadi jutawan baru di bidang media sosial telah mengakui bahwa ia masih tinggal di rumah orang tuanya karena dia tidak bisa menyetrika atau mencuci pakaian sendiri.
Mahasiswa Coventry University Gianni O'Connor dari Stanmore, Middlesex, mendapat ide untuk mendirikan sebuah situs berbagi musik berkat secercah inspirasi saat ujian.
Sang pemuda yang baru berusia 20 tahun ini tiba-tiba terilhami untuk membuat kode pemrograman untuk website Micsu ketika ia tengah mengikuti ujian, dan menulis rumusan itu di atas kertas.
O'Connor kemudian menolak untuk meninggalkan ujian - yang ia berhasil jalani - sampai ia diizinkan untuk membuat salinan ide bisnisnya itu. Mahasiswa itu kemudian membuat website dalam semalam.
Dia meminta teman-temannya untuk memperbaiki coding yang dibutuhkan untuk website. Venture capitalist sudah mengucurkan jutaan dollar dalam proses pengembangan ini dan telah diluncurkan bulan lalu.
Namun, meskipun keberuntungan dan kesuksesan baru ini muncul, O'Connor mengaku ia akan menyelesaikan tahun terakhirnya di universitas - dan masih bergantung pada ibunya ketika saatnya harus menyelesaikan tugas-tugas rumah tangga.
Dia berkata: "Saya hanya melakukan sesuatu yang saya suka dan ternyata sukses besar, tapi pada saat yang sama saya masih seorang mahasiswa normal. Kehidupan kampus saya persis sama seperti orang lain. Kami tinggal di rumah asrama siswa klasik di Coventry. Kami memiliki banyak piring tergeletak di sekitar dan tumpukan tinggi kotak pizza."
Ketika tidak kuliah, O'Connor tinggal bersama ibunya Andrea Elliot - Grout (48) dan ayah tirinya Tommy Elliot - Grout (46), tiga adik laki-laki dan saudara perempuan berusia delapan tahun.
Dia menambahkan : "Saya tidak bisa menyeterika baju besi sama sekali dan membutuhkan bantuan ibu saya."
Dia pertama kali menciptakan situs web pada Juli 2012 tetapi tidak memberitahu seluruh keluarganya tentang hal itu selama berbulan-bulan.
Pengguna log in melalui akun Facebook mereka . Selera musik mereka kemudian dipantau dan dicocokkan dengan kelompok sosial mereka - dan website merekomendasikan lagu dan penyanyi lainnya yang dianggap sesuai seleranya.
Ia juga memberitahu Anda apa yang teman Anda dengarkan. O'Connor telah mendirikan perusahaannya sendiri , Tigerjaxx , yang telah menerbitkan situs gratis dan versi iPhone dari situs - yang sudah memiliki 50.000 pengguna .
Meskipun berhasil ia masih berencana untuk kembali ke universitas bulan depan untuk menyelesaikan tahun terakhir dari gelar sarjananya karena sudah berjanji pada sang nenek. (dailymail/ap)

18.000 Hektare Lahan Buah Bisa Imbangi Impor

Menteri BUMN Dahlan Iskan optimistis revolusi oranye yang digalakkan PT Perkebunan Nusantara VIII Persero dapat meminimalisasi ketergantungan Indonesia untuk mengimpor buah, karena dengan memiliki 18.000 hektar lahan yang ditanami buah tropis dapat menekan impor.
"Apabila kita mampu memiliki 18.000 hektar lahan untuk buah tropik, maka kita bisa mengimbangi impor buah," kata Dahlan ketika dijumpai di kebun PTPN VIII, Subang, Jawa Barat, Jumat (6/12).
Ia menyadari bahwa setiap ekonomi tumbuh 6% pasti ada gejolak penguatan dolar AS. Makna gejolak tersebut karena daya ekspor Indonesia minim.
"Contohnya, masa pisang saja impor. Padahal salah satu keunggulan kita adalah negara tropik. Coba lihat Tiongkok tidak bisa nanam pisang, mereka tinggal makan saja," terangnya.
Menurut Dahlan, PTPN VIII saat ini akan menanam empat buah tropik seperti pisang, pepaya, manggis, dan durian. Sebelum ditanam manggis dan durian, lahan tersebut akan digunakan untuk menanam pepaya dan pisang.
"Namun, di sela pisang, pepaya akan ditanam manggis dan durian masing-masing 3.000 buah. Kalau sudah agak besar, pepaya dan pisang dimatikan dan dipindah ke tempat lain," tuturnya.
Direktur Utama PTPN VIII Dadi Sunardi menambahkan, perseroan menargetkan ekspor pisang dan pepaya tahun depan masing-masing sebanyak 1,080 juta kg per tahun dan 330.000 kg per tahun. Dengan pendapatan mencapai Rp7,606 triliun dan Rp1,320 triliun.
"Ekspor perdana pisang membuktikan bahwa kami serius menggarap bisnis di luar komoditas utama seperti teh, sawit, dan karet," kata Dadi. (as/republika)

Ingin Sukses di Bisnis Pasar Modal? Simak Tips Dari Lo Kheng Hong

di pasar modal konon bisa memberikan keuntungan hingga 6.000%. Namun perlu diketahui bahwa dalam prinsip investasi, keuntungan tinggi pasti punya risikonya tinggi pula atau lebih dikenal high return high risk.
Seorang investor pasar modal bernama Lo Kheng Hong yang dikenal sebagai 'Warren Buffet'-nya Indonesia mengatakan, jangan takut rugi jika ingin sukses berinvestasi di pasar modal.
"Harus diingat prinsip investasi yang sudah sering kita dengar, high return high risk. Saya sering rugi tapi saya simpan terus saham itu sampai untung lagi," ujarnya saat acara Investor Summit and Capital Market Expo 2013 di Hotel Ritz Carlton Pacific Place, Jakarta, Kamis (28/11/2013).
Pria yang sudah 24 tahun 'bermain-main' di pasar modal ini mengatakan, sebelum menentukan untuk berinvestasi, investor juga harus pandai memilih saham yang punya prospek bagus.
"Kita harus tahu perusahan mana yang bisa tahan terhadap kondisi ekonomi makro," kata dia.
Pria asli Betawi ini mencontohkan, ia membeli saham emiten pakan ternak PT Charoen Pokphand Indonesia Tbk (CPIN) saat harga sahamnya Rp 400 per lembar. Saat ini, harga saham tersebut sudah mencapai Rp 3.725 per lembar.
"Mulai beli sejak harganya Rp 400 sekarang harganya Rp 3.725. Saham ini tidak hanya beri capital gain 6.000%. Nggak ada obligasi yang beri keuntungan segitu, emas, properti, atau investasi lainnya. Investor tidak ada yang tahu ada return 6.000%. Kalau tahu, mungkin jutaan orang akan jadi investor di bursa efek," jelasnya.
Saham yang lain yang perlu dilirik adalah sektor konsumer, otomotif, konstruksi, dan lain-lain. "Kita makan mi, dari perusahaan publik. Sikat gigi dari perusahaan publik. Ke kantor naik mobil, itu perusahaan publik. Ke kantor lewat jalan tol, mungkin itu perusahaan publik. Jalan tol memerlukan semen, mungkin beli semennya dari Semen Indonesia, perusahaan publik juga," paparnya.
Untuk itu, banyak orang perlu belajar berinvestasi di pasar modal. Ia pun punya tips sendiri sendiri untuk bisa jadi investor yang sukses.
"Tipsnya 6 jam sehari untuk membaca, 1-2 jam menelpon dan sisanya berpikir. Intinya baca, baca lagi, dan berpikirlah. Seorang investor wajib baca laporan keuangan. Kita harus tahu seluruh laporannya agar kita tidak beli kucing dalam karung," pungkasnya. (bn/detik.com)