Layanan pelanggan merupakan satu bagian yang tidak dapat dipisahkan dari
bisnis Anda. Dengan meningkatkan peforma layanan pelanggan Anda, dapat
dipastikan bisnis berjalan pada jalur yang telah ditentukan.
Dalam
bisnis, kepuasan pelanggan merupakan kekuatan di samping pemasaran.
Untuk meningkatkan peforma layanan pelanggan, Anda dapat memenerapkan
tips-tips yang kami sadur dari ehow.com berikut ini:
1. Pekerjakan orang yang senang berhubungan dengan orang lain
Beberapa
orang merasa nyaman bekerja berhubungan dengan mesin dan komputer,
sementara beberapa orang lain merasa lebih nyaman bekerja jika
berhubungan dengan orang lain. Pastikan Anda mempekerjakan orang yang
sesuai. Orang yang gemar berhubungan dengan orang lain cenderung lebih
bisa berlaku ramah dan mempunyai empati untuk orang lain.
2. Adakah pelatihan yang teratur
Program
pelatihan layanan pelanggan adalah hal yang penting. Program ini
seringkali berupa "aturan main" yang berisi beberapa skenario yang
mencerminkan situasi sesungguhnya di lapangan. Pelatihan seperti ini
mampu untuk mendorong perilaku yang lebih peduli kepada pelanggan.
3. Berikan wewenang
Berikan
wewenang yang cukup untuk semua karyawan yang bekerja di divisi layanan
pelanggan untuk mengambil keputusan tertentu, tanpa harus melibatkan
manajemen yang lebih tinggi. Panduan layanan pelanggan yang jelas dan
rinci diperlukan dalam hal ini. Ketika karyawan mampu mengambil
keputusan dengan cepat dan baik, pelanggan pun akan terlayani dengan
lebih baik dan cepat.
4. Beri ruang kepada pelanggan untuk memberikan masukan
Anda
bisa mengadakan survei dengan tujuan mengumpulkan opini dan saran
pelanggan. Para pelanggan Anda biasanya akan senang memberikan
saran-sarannya.
No comments :
Post a Comment