"Waktu telah membuktikan, mereka yang menjadikan konsumen adalah
raja, berhasil mengambil hati konsumennya, menetapkan harga lebih tinggi
tetapi tetap dibeli, dan bertahan lebih lama dalam bisnisnya." Begitu
tulisan yang dibacakan oleh Cyltamia Irawan saat sebuah presentasi
bertajukStrategi Jadikan Konsumen Raja, beberapa waktu lalu di Hotel Four Seasons, Jakarta.
Menurut
CEO Lentera Consulting ini, esensi sebuah bisnis, apa pun bisnisnya,
adalah menciptakan konsumen, menjaga konsumen, dan menciptakan lebih
banyak konsumen. Karenanya, untuk bisa mengambil hati konsumen, butuh
sebuah daya. Mencurahkan segenap pikiran dan sumber daya yang ada untuk
selalu memberikan "value" bagi pelanggan.
Dijelaskan oleh Tami, begitu ia akrab disapa, ada 8 hal yang dinilai oleh konsumen sebagai "value", di antaranya
Akses
Kemudahan
konsumen untuk berhubungan dengan perusahaan yang dimaksud harus mudah
dan tidak bertele-tele. Tami mencontohkan pelayanan perusahaan DHL yang
mengganti mesin penjawab otomatisnya dengan operator yang menjawab
langsung kebutuhan para konsumennya. Konsumen harus diberikan akses
mudah untuk mendapat informasi dan menghubungi perusahaan. Caranya, bisa
lewat karyawannya,call centre,kantor perusahaan,website, cara pembayaran, dan informasi-informasi lain.
Kompetensi
Di
mata pelanggan, kemampuan dan pengetahuan karyawan akan memengaruhi
layanan yang akan ia dapatkan. Ketika karyawan tidak dapat menjawab atau
memberikan informasi yang ia butuhkan saat bertanya kepada karyawan,
konsumen akan berpikiran bahwa pelayanannya tak akan memuaskan karena si
karyawan tidak kompeten. Karyawan baru perlu masa orientasi sebagai
pembekalan pengetahuan tentang produk atau jasa, adaptasi lingkungan
kerja, pembelajaran, sekaligus empowerment dirinya.
Courtesy
Keramahtamahan
dan kemampuan berkomunikasi para penyedia layanan menjadi hal yang
penting bagi konsumen. Konsumen adalah manusia yang memiliki perasaan,
yang sering menjadi penentu saat mengambil keputusan dan melakukan
penilaian.
Reliability
Bisa diandalkan di
segala kesempatan juga akan menjadi penilaian seorang pelanggan terhadap
sebuah jasa. Karenanya, amat penting untuk sebuah perusahaan bisa
memberikan harapan dan spesifikasi yang telah dijanjikan. Kualitas
produk, ketersediaan produk, kehandalan karyawan di jajaran depan,
support teknis, dan bagian lainnya adalah hal-hal yang akan menjadi
bahan penilaian pelanggan terhadap kehandalan perusahaan.
Responsiveness
Pelanggan butuh kenyamanan dan jaminan bahwa perusahaan Anda bisa merespon ketika terjadi masalah pada pelayanan.
Speed
Saat
ini persaingan bisnis makin tinggi, kecepatan menjadi sebuah hal yang
mewah. Pelanggan akan memilih pelayanan prima yang bisa dihantar dengan
kecepatan tinggi pula. Kecepatan informasi, penanganan masalah yang
cepat, proses kerja tak bertele-tele, proses pembayaran yang ringkas,
dan lainnya harus diperhatikan.
Security
Keamanan
tak hanya berupa benda tapi juga keamanan akan data dan informasi
pelanggan yang terdapat di dalam perusahaan sering menjadi ukuran
keamanan menggunakan sebuah perusahaan. Pastikan rasa aman saat
menggunakan produk, juga atas layanan, dan hal lainnya dalam pelaksanaan
servis terus terjaga.
Tangible
Tampilan
kasat mata pun akan menjadi penting untuk pelanggan. Tampilan produk,
bentuk, dan suasana kantor, loket pembayaran, penampilan karyawan,
tampilan media dan promosi, surat menyurat, dan hal-hal yang akan
memanjakan indera pelanggan harus diperhatikan keindahannya.
Menangkan
hati pelanggan, dengan begitu Anda akan menciptakan pelanggan. Berikan
servis yang terbaik, dan Anda akan menciptakan pelanggan yang loyal.
Dengan begitu, ia akan memberitakan tentang perusahaan Anda kepada orang
lain, yang pada akhirnya menciptakan pelanggan baru yang lebih banyak.
No comments :
Post a Comment